Manajemen Pemasaran




Manajemen Pemasaran

Pemasaran didefenisikan sebagai kegiatan yang dirancang untuk mendorong dan mengelola segala pertukaran untuk memuaskan keinginan dan kebutuan kita. Pemasaran dapat diartikan sebagai sebuah keseluruhan system kegiatan bisnis yang dirancang untuk menyediakan sesuatu bagi kelompok,  individu, atau organisasiyang memuaskan mereka guna mencapai tujuan organisasi (Williams, 2007). Oleh karena itu, pemasaran dalam situasi bisnis bersifat dapat dikelola dan dirancang untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat dalam rangka mencapai tujuan organisasi atau individu. Pemasaran melibatkan dua atau lebih orang atau organisasi dengan kebutuhan atau keinginan yang harus dipenuhi. Pemasaran merupakan sebuah orientasi yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuaannya dengan memfokuskan pada kebutuhan dan kepuasan pelanggan (Williams, 2007).
Empat tahap ide mengenai pemasaran, yaitu orientasi ke produksi, orientasi ke penjualan, perspektif pemasaran, dan tahap perspektif pemasaran sosial. Organisasi yang terfokus pada penjualan dapat memusatkan energi mereka pada peningkatan produksi (Williams, 2007). Perusahaan beriorentasi pada hubungan saat ini bermaksud memperdayakan interaksi pelanggan dengan perusahaan. Dengan meningkatkan persaingan di pasar, perusahaan semakin banyak memperoleh keuntungan dengan memperlakukan pelanggan secara lebih individu. Dengan memiliki produk inti standar atau memanipulasi fitur-fitur tambahan untuk memenuhi permintaan yang spesifik dari pelanggan.

Daftar Pustaka

Williams, E. Z. (2007). Manajemen Pemasaran: Studi Kasus Indonesia. Jakarta: Penerbit PPM.


 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 6 Perekonomian Indonesia