Manajemen Pemasaran
Manajemen
Pemasaran
Pemasaran didefenisikan sebagai
kegiatan yang dirancang untuk mendorong dan mengelola segala pertukaran untuk
memuaskan keinginan dan kebutuan kita. Pemasaran dapat diartikan sebagai sebuah
keseluruhan system kegiatan bisnis yang dirancang untuk menyediakan sesuatu
bagi kelompok, individu, atau
organisasiyang memuaskan mereka guna mencapai tujuan organisasi (Williams,
2007).
Oleh karena itu, pemasaran dalam situasi bisnis bersifat dapat dikelola dan dirancang
untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat dalam rangka mencapai tujuan
organisasi atau individu. Pemasaran melibatkan dua atau lebih orang atau organisasi
dengan kebutuhan atau keinginan yang harus dipenuhi. Pemasaran merupakan sebuah
orientasi yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuaannya dengan
memfokuskan pada kebutuhan dan kepuasan pelanggan (Williams,
2007).
Empat tahap ide mengenai pemasaran,
yaitu orientasi ke produksi, orientasi ke penjualan, perspektif pemasaran, dan
tahap perspektif pemasaran sosial. Organisasi yang terfokus pada penjualan
dapat memusatkan energi mereka pada peningkatan produksi (Williams,
2007).
Perusahaan beriorentasi pada hubungan saat ini bermaksud memperdayakan
interaksi pelanggan dengan perusahaan. Dengan meningkatkan persaingan di pasar,
perusahaan semakin banyak memperoleh keuntungan dengan memperlakukan pelanggan
secara lebih individu. Dengan memiliki produk inti standar atau memanipulasi
fitur-fitur tambahan untuk memenuhi permintaan yang spesifik dari pelanggan.
Daftar Pustaka
Williams, E. Z. (2007). Manajemen
Pemasaran: Studi Kasus Indonesia. Jakarta: Penerbit PPM.
Komentar
Posting Komentar